Sabtu, 03 Agustus 2013

CARA MEMIJAT BAYI ANDA DISERTAI GAMBAR















Tradisi  memijat bayi   sudah  ada di  masyarakat  Indonesia  sejak dulu.  Kebiasaan ini dianggap memberikan banyak    manfaat bagi bayi     bahkan sebagai salah    satu cara pengobatan  bagi   bayi yang sakit    tertentu. Pemijatan     secara  tradisional biasanya dilakukan oleh  dukun beranak/bayi yang    membantu sang ibu melahirkan. Berikut ini tanggapan para ahli kesehatan, teknik dan tips memijat si kecil.








Bayi -bayi prematur yang dipijat secara teratur setiap hari menunjukkan perkembangan fisik dan emosional yang lebih baik ketimbang bayi-bayi yang tidak dipijat. Selain itu berat badan bayi prematur yg dipijat akan mengalami peningkatan berat badan 20 hingga 40 persen dibandingkan yang tidak dipijat.

Dan hal ini telah dibuktikan oleh para ahli di Fakultas Kedokteran Universitas Miami pada tahun 1986. Dipimpin oleh Tiffany M Field PhD.
Selain itu, katanya, bayi-bayi yang dipijat selama lima hari saja, daya tahan tubuhnya akan mengalami peningkatan sebesar 40 persen dibanding bayi-bayi yang tidak dipijat.
Pijat bayi ternyata bukan hanya berpengaruh pada pertumbuhan fisik dan emosional bayi. Jika dilakukan oleh ayah misalnya, maka pijat bayi itu bisa meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu) pada tubuh ibu dan disebut ''pemberdayaan ayah,'' . Tapi bagaimana penjelasannya?
Ketika seorang ayah berinisiatif memijat si bayi, hal itu akan menimbulkan perasaan positif pada istri. Inisiatif suami ini membuat istri merasa disayang, nyaman, dan perasaan positif lainnya. Dan perasaan seperti ini akan merangsang produksi hormon oksitosin. Untuk diketahui, hormon ini sangat berguna untuk memperlancar produksi ASI. Penelitian menunjukkan, 80 persen produksi hormon oksitosin dipengaruhi oleh kondisi psikis ibu.

Selain itu, pijat bayi akan membuat bayi cepat lapar. Makin banyak ASI disedot oleh bayi (menyusui), maka produksi ASI makin meningkat. Ini karena dalam proses produksi ASI berlaku hukum supply and demand. Artinya, makin banyak ASI dikeluarkan, makin banyak pula ASI diproduksi. Begitu pula sebaliknya.
Manfaat Pijat Bayi
Pengaruh   positif   atau   manfaat pijat bayi sendiri    bagi tumbuh kembang anak   telah lama diketahui. “Manfaatnya antara lain mengembangkan sistem imun, membantu bayi berlatih relaksasi, membantu mengatasi gangguan tidur dan membuat bayi tidur lebih lelap dan lama, memperkuat ikatan (bonding) bayi dengan ibu/orangtua,” jelas dr. Rini Sekartini, Sp.A dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM.


Tata cara pemijatan Bayi
Mengingat manfaatnya yang tidak kecil, sudah sepantasnya para orangtua menerapkan terapi sentuhan ini pada bayi mereka. Bagaimana caranya, ikuti tips berikut ini.
Sebelum mulai memijat, lakukan beberapa langkah persiapan, yaitu:
  1. Tangan ibu dalam keadaan bersih,
  2. Usahakan tidak berkuku panjang atau menggunakan perhiasan yang kemungkinan menyakiti   bayi.
  3. Ruang untuk memijat usahakan hangat dan tidak pengap.
  4. Siapkan handuk, baju, popok dan baby oil/baby lotion. Baby oil yang lembut selain berfungsi   sebagai bahan   pelicin, juga berguna untuk menghaluskan dan menjaga kelembaban kulit si   kecil. Gunakan juga  baby lotion  bila kulit si kecil cenderung kering. Hati-hati, jangan sampai    baby oil/baby lotion ini memerciki  matanya.
  5. Bayi selesai makan atau tidak berada dalam keadaan lapar.
  6. Usahakan tidak diganggu dalam waktu lima belas menit untuk melakukan proses pemijatan.
  7. Baringkan bayi di atas kain rata yang lembut dan bersih.
  8. Ibu/ayah duduk dalam posisi nyaman.
  9. Sebelum memijat, mintalah izin kepada bayi dengan cara membelai wajah dan kepalanya,    dan ajaklah si kecil   berbicara dengan lembut.
  10. Jangan memijat si kecil pada saat ia sedang demam atau sakit, karena ia malah merasa    tidak nyaman.
  11. Hindari memijatnya saat ia tidur, karena istirahat yang terganggu hanya akan membuatnya   rewel. 
  12. Jaga temperatur si kecil jangan sampai suhu tubuhnya di bawah 35 derajat Celsius.  
  13. Hindari pemijatan oleh pemijat bayi yang kurang ahli, karena bisa mengganggu  perkembangan  dan struktur  tulang balita.

Setelah melakukan persiapan itu, pemijatan bisa dimulai. Berikut ini contoh cara memijat beberapa bagian tubuh bayi:
1.     Pijat kaki
Mulailah dengan memegang kaki bayi pada pangkal paha seperti cara memegang pemukulsoftball. Gerakkan tangan ke bawah secara bergantian seperti memerah susu dan putar.
Pegang pangkal paha dengan tangan secara bersamaan memeras dan memutar kaki bayi dengan lembut dari pangkal paha ke arah mata kaki. Kemudian, telapak kaki diurut dengan dua ibu jari secara bergantian mulai dari tumit ke seluruh telapak kaki. Pijat jari kaki satu-persatu dengan memutar menjauhi telapak, diakhiri tarikan lembut di tiap ujung jari. Lalu, peras dan putar pergelangan kaki dengan ibu jari dan jari lain. Usap kaki bayi dengan tekanan lembut dari pangkal paha hingga akhir.
2.     Perut bayi
Pijat perut bayi dari atas ke bawah seperti gerakan mengayuh sepeda. Pijat perut mulai bagian kiri atas ke bawah dengan jari-jari tangan membentuk huruf I lalu L terbalik.
3.     Pijat dada
Buat gerakan ke atas sampai dengan bawah leher lalu ke samping kiri-kanan di atas tulang selangka membentuk gambar jantung lalu kembali ke ulu hati. Gerakan diagonal di dada (huruf X) dari kiri ke kanan.
4.     Pijat lengan bayi
Peras dan putar dengan kedua tangan dengan lembut mulai dari pundak ke pergelangan tangan. Pijat telapak tangan dengan ibu jari mulai telapak hingga jari-jari. Usap punggung tangan dari arah pergelangan ke jari-jari dengan lembut. Peras sekeliling pergelangan tangan dengan ibu jari dan telunjuk.
5.     Pijat wajah
Lakukan gerakan menekan ibu jari mulai dari pertengahan alis, terus turun melalui tepi hidung ke arah pipi. Lakukan hal yang sama pada rahang atas, kemudian gerakkan ke arah samping seolah membuat garis senyum. Gerakan jemari tangan Ibu dari belakang telinga kanan dan kiri secara bersamaan ke arah dagu.
6.     Pijat punggung
Letakkan si kecil dalam posisi tengkurap, lalu pijatlah dengan gerakan-gerakan melingkar mulai dari pundak sampai bokong. Kemudian pijatlah dengan gerakan menggaruk ke arah bawah memanjang sampai ke bokong.

Sumber : Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar