Rabu, 26 Juni 2013

Cara Agar Anak Menjadi Pintar

Cara Agar Anak Menjadi Pintar – Setiap orangtua pasti menginginkan anak-anaknya menjadi pintar. Segala macam cara dilakukan agar anaknya menjadi cerdas dan pintar. Bahkan sejak dari bayi orangtua sudah mengajarkan anaknya agar tumbuh menjadi pintar dan cerdas. Rangsangan-rangsangan terhadap panca indera seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan peraba yang dilatih sedini mungkinakan membuat otak semakin terstimulasi dengan rangsangan tersebut.  Oleh karena, orangtua harus berperan aktif dalam mengembangkan fungsi panca indera seorang anak.

Bukan hanya tempat pendidikan yang mampu membuat anak menjadi pintar dan cerdas. Peran serta orangtua dan lingkungan dirumah juga akan membentuk kepintaran seorang anak dan kecerdasan seorang anak. Kalo bukan orangtua yang mengarahkan belum tentu anak akan menjadi seorang yag cerdas. Kepintaran dan kecerdasan seorang anak juga merupakan warisan dari orangtuanya, tapi memang tidak terlalu siginifikan hanya 20-40% kepintaran dan kecerdasan seorang anak berasal dari faktor keturunan.
Cara Agar Anak Menjadi Pintar
Melihat anak tumbuh dan berkembang menjadi seorang yang pintar dan cerdas memang akan sangat membanggakan orangtua. Oleh karena itu orangtua harus mengetahui cara-cara agar anak menjadi pintar dan cerdas. Berikut ini ada beberapa informasi tentang Cara Agar Anak Menjadi Pintar.
1. ASI
Pemberian ASI ekslusif terhadap bayi akan membantu bayi tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. Bagi para calon ibu atau ibu yang masih mempunyai bayi usahakan untuk memberikan ASI ekslusif. Namun, ada saja ibu yang tidak bisa memberikan ASI ekslusif terhadap anaknya. Jangan khawatir, masih ada cara lain untuk membuat anak menjadi pintar dan cerdas.

2. Gizi
Mengkonsumsi makanan sehat sangat baik untuk perkembangan otak seorang anak. Kenalkan anak dengan makanan-makanan sehat seperti sayur, daging, dan buah. Makanan 4 sehat 5 sempurna yang mempunyai kandungan gizi yang lengkap akan memberikan manfaat yang baik untuk anak. Mengkonsumsi Omega-3 yang berasal dari ikan seperti ikan tuna, salmon dan jenis ikan lainnya juga sangat membantu untuk perkembangan otak.
3. Musik
Sebaiknya orangtua mengenalkan anak kepada musik sejak dini. Anak yang mengenal musik sejak dini merupakan cara untuk melatih otak kanan anak.
4. Sarapan
Sarapan  menjadi hal penting untuk memulai aktivitas setiap harinya. Hal ini masih sering diabaikan oleh orantua. Biasanya orangtua jarang memberikan sarapan terhadap anak nya. Sebenarnya, kebiasaan sarapan sejak dini akan membantu anak dalam meningkatkan konsentrasi dan memori otak. Asupan gizi yang baik yang didapat dari sarapan pagi akan menghindari anak menjadi lelah dan sulit menerima pelajaran.
5. Biasakan Membaca
Membaca memang merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk menjadikan anak pintar dan cerdas. Seperti yang kita tau buku adalah gudang ilmu, oleh karena itu biasakan anak-anak membaca hal-hal yang bisa membuat anak tertarik.
6. Ikut Bermain
Peran aktif orangtua sangat dibutuhkan untuk membantu anak menjadi pintar dan cerdas. Temani anak pada saat mereka bermain. Kenalkan anak dengan permainan dan benda-benda yang dijadikan mainan. Hal ini akan membantu mempercepat proses belajar dan pengetahuan anak.

Demikianlah informasi tentang Cara Agar Anak Menjadi Pintar yang bisa orangtua lakukan dirumah. Semoga dapat membantu


1 komentar: