Minggu, 12 Mei 2013

Keharumannya Menyembuhkan Penyakit


Dibalik keharumannya yang khas, minyak esensial yang terbuat dari saripati tumbuh-tumbuhan ini dapat dipergunakan sebagai alternatif pengobatan alami yang dikenal sebagai therapy dengan aroma (aromatherapy). 


Minyak esensial sangat baik untuk membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit.Semerbak harumnya saat terhirup akan mengaktifkan zat kimia didalam otak sehingga dapatmembangkitkan gairah, menyenangkan, menyegarkan, menenangkan jiwa serta membantu proses penyembuhan suatu penyakit.
1.Lavender
Lavender/ lembayung muda, berfungsi untuk mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan, menenangkan, menyembuhkan luka bakar, merangsang tumbuhnya sel-sel kulit baru dan mencegah timbulnya jaringan parut. Minyak esensial ini juga sangat baik digunakan untuk mengurangi stress di dalam berbagai situasi karena bersifat menenangkan.
Tea tree
Ketika diuji pertama kali sebagai pencegah infeksi, hasil penelitian menyebutkan minyak esensial ini lebih kuat 100 kali lipat dibanding karbol sintetis pada saat itu. Tea tree (pohon teh) mempunyai jangkauan luas sebagai zat pembunuh kuman, anti virus dan anti jamur yang telah ditetapkan oleh riset ilmiah modern.

2.Pepermint
Aromanya segar dan kuat terbuat dari sari pati rerumputan mint, dipergunakan untuk membantu merangsang pikiran, meningkatkan konsentrasi, mempertajam fokus mental, vitalitas, rasa percaya diri, meringankan stress, sensualitas. Berfungsi juga untuk membantu keluhan perut karena mabuk perjalanan, mengurangi rasa lelah, dan sakit kepala.

3.Chamomile
Minyak esensial chamomile beraroma sangat lembut, bermanfaat membantu penyembuhan suatu kondisi gelisah (stress) yang luas, insomnia karena aromanya bersifat menenangkan. Chamomile juga bersifat antiseptik dan analgesik sehingga dapat mengatasi masalah-masalah kulit seperti jerawat, penyakit kulit akibat alergi seperti eksim, psoriasis, serta penyakit kulit lainnya.

4.Eucalyptus
Dapat membantu proses penyembuhan, menurunkan panas badan pada saat flu, demam, sakit kepala, meningkatkan konsentrasi, vitalitas, keseimbangan emosi. Eucalyptus paling banyak digunakan untuk kondisi-kondisi yang berhubungan dengan pernapasan, dapat membunuh bakteri staphylococcu serta menyembuhkan gigitan serangga.

5.Geranium
Merupakan minyak esensial pilihan, terkemuka dan berkualitas, keharumannya menerangi, menggembirakan dan menenangkan pikiran serta sensual.Geranium salah satu dari minyak esensial yang mengilhami kecantikan alami dan kenikmatan yang dapat membantu mengurangi stress, menyehatkan kulit, menyeimbangkan emosi terutama sekali membantu kondisi-kondisi wanita seperti permasalahan menopouse, kandungan dan keluhan dada.

6.Rosemary
Efektif menstimulasi fisik maupun mental, mempunyai efek hangat yang terutama sekali bermanfaat untuk membantu menyembuhkan radang sendi, keluhan otot, influenza, meningkatkan konsentrasi dan daya pikir. Minyak esensial rosemary dapat juga digunakan untuk membantu kesehatan kulit termasuk selulit serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

7.Thyme
Suatu anti virus yang kuat, zat pembunuh kuman, diuretic, anti-parasit dan pencegah infeksi. Bermanfaat untuk pertolongan pertama pada influensa, membantu detoksifikasi racun tubuh, keluhan pencernaan, membantu meringankan sakit otot dan persendian serta menyuburkan rambut.

8.Lemon
Aromanya segar menyenangkan serta menenangkan suasana, minyak esensial lemon mempunyai efek menjernihkan dan stimulasi, menenangkan syaraf sehingga membantu mengurangi stress, perasaan bahagia, vitalitas, motivasi, semangat, mengatasi masalah jerawat dan kulit berminyak, mengurangi gangguan pernafasan, tekanan darah tinggi, sebagai obat penghilang bau badan alami, membantu fungsi hati serta mengurangi selulit.

9.Clove
Minyak esensial clove (cengkih) ditengarai sebagai anti-oxidant yang paling kuat diantara sekian banyak minyak esensial lainnya. Manfaatnya dapat digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit termasuk mengurangi keluhan sakit gigi, membantu mengurangi sakit otot dan persendian serta gigitan serangga.

10.Jasmine
Sari pati bunga melati/ jasmine mempunyai efek menyejukkan, meningkatkan keseimbangan, gairah seksual, kepekaan, kejernihan pikiran, harapan, kebijaksanaan, ketenangan jiwa, rasa bahagia, romantis, dan cinta. Juga dapat mengurangi stress, depresi, cemas, batuk dan mengurangi nyeri saat datang bulan.

Minyak esensial terbuat dari hasil penyulingan tumbuh-tumbuhan baik yang berasal dari daun, bunga, kulit kayu dan akarnya. Sangat baik digunakan sebagai pencegahan, pertolongan pertama maupun membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit. Beragam aroma sesuaikan dengan selera dan kebutuhan, karena kasiatnya seharum baunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar