Selasa, 14 Mei 2013

Cara Efektif Menghadapi Pembohong


image
Ilustrasi
Seorang pembohong patologis adalah orang yang terus-menerus atau suka sekali berbohong, bahkan untuk hal yang tak perlu. Hal ini dilakukannya bukan atas dasar kedengkian atau agar keluar dari suatu masalah. Pembohong patologis biasanya tidak menyadari kalau ia sedang berbohong.
Ketika Anda sedang dihadapkan pada situasi di mana Anda harus berinteraksi dengan pembohong patologis, sangat penting untuk menanganinya secara efektif. Berikut ini caranya:
1. Bersikaplah tenang sebelum menghadapi pembohong patologis. Meskipun ini bisa membuat frustasi, sangat penting bagi Anda untuk memahami bahwa pembohong patologis memang memiliki kecenderungan untuk HARUS berbohong.
2. Beritahu bahwa Anda tahu atau paham kalau ia berbohong. Alih-alih berteriak, "Kamu berbohong!" lebih baik mengatakan, "Saya pikir kejadian sesungguhnya adalah…”
3. Dapatkan bantuan dari konselor, psikiatri, atau psikolog untuk membantu Anda menangani pembohong patologis.
4. Duduk dekat orang itu dan katakan padanya bahwa Anda percaya dia menunjukkan tanda-tanda pembohong patologis. Ekspresikan bahwa Anda ingin membantunya, bukanmenghakiminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar